Monday 20 April 2015

Hidup Sekali, Hidup yang Berarti

Uuuhuummm…kumaha damang sadayana?
Bulan ini ane ngerayain ulang taun yang ke-27, gak kerasa udah lama juga ane numpang hidup di dunia. Di momen milad kemaren, ane sempet merenung. Dari 27 taun, berapa banyak hari yang ane abisin buat ngebantu orang lain dan berapa hari yang udah dihabisin buat nyetak dosa. Kalo mikir kesitu, kadang ane ngerasa sedih.

Kata orang-orang bijak, hidup yang bermakna adalah hidup yang bermanfaat buat lingkungan. Biar jadi orang yang bermanfaat, gak perlu nunggu tajir kok. Emang kalo kita tajir, kesempatan buat ngelakuin ibadah lebih banyak sebenernya. Terus kalo isi kantong masih pas-pasan, apa yang kudu dilakuin biar jadi orang yang bermanfaat dan bisa ibadah? Nah mending minyak berikut aja deh, eh nyimak maksud ane.
  • Pungut Sampah Radius 1 Meter dari Kalian
Sampah, sampah, sampahhh…lama-lama penuh dunia sama sampah (jadi inget pelem Wall-E). Jalan-jalan ke CFD, sampah berserakan. Belanja ke pasar, tamba parah. Sebenernya kalo tiap orang punya prinsip buat mungut sampah yang ada di sekitarnya, radius 1 meter aja, pasti dunia bakal kinclong banget.
Gambar: Robot Wall-E
Terus terang walopun kelihatannya sepele tapi ini berat banget dilakuin, malu, gengsi dsb jadi setan penghalang. Parahnya, kadang kalo kita mungut sampah yang berserakan, kita malah di bully sebagai orang yang sok. Duh, kalo udah gini gimana dunia bisa indah. Ane juga masih males-malesan buat ngelakuinnya, tapi gapapa yang penting tetep dicoba aja sebisanya.
  • Beli Barang dari Orang yang Bener-Bener “Jualan”
Bener-bener “jualan” apa maksudnya? Yang ane maksud tuh orang jualan barang yang memang itu jadi sumber mata pencahariannya, kalo kita gak beli, mereka bisa gak makan. Contohnya aja kaya penjual-penjual kaki lima, jangan belanja di mall mulu. Kalo kita belanja di mall, bisa lupa kalo disekitar kita banyak yang masih miskin, terus tu pemilik gerainya juga udah pada tajir jadi gak dibeli juga gak masalah. Beda cerita kalo pedagang kaki lima, kalo gak dibeli mungkin mereka gak bisa beli beras.

Selain harganya murah, beli barang di kaki lima juga ngebantu mereka buat menafkahi keluarga. Urusan itu barang sehat ato kagak, bismillah aja biar Allah yang nyehatin kita. Tapi inget, belanja di kaki lima juga lihat-lihat, kalo tuh orang jualannya di trotoar dan bikin macet mending jangan di beli.
  • Tanam Pohon Sebanyak Mungkin
Waktu liburan di kampung kemaren, ane keinget terus sama wejangan yang satu ini. Konon, banyak pohon banyak rejeki. Halaman rumah ane kebetulan luas, daripada nganggur mending di tanemin segala macem pepohonan. Misal tuh pohon berbuah berati kita hokky, kalopun kagak ya anggap aja tuh investasi tabung oksigen.
Gambar: Banyak Pohon, Banyak Rejeki
Nanem pohon tuh gampang banget, asli gampang. Cuma ngilangin malesnya yang susah. Kalo gak punya bibit pohonnya, minta aja sama dinas Perhutani pasti dikasih. Bahkan dulu waktu KKN, kelompok ane ditawarin 1000 batang pohon dari Perhutani, gratis. Jadi mulai sekarang yang punya halaman luas, daripada hari minggu seharian depan TV, mending nanem pohon.

Selain yang udah ane sebutin, masih banyak banget cara kita biar bermanfaat bagi lingkungan, bagi orang-orang susah tanpa harus ngeluarin duit banyak. Ibadah itu jangan nunggu tajir, mati aja gak nunggu kalian tajir kok ^^.

Wasallam



No comments:

Post a Comment

No Spam, SARA.

Jumlah Pengunjung