Ibarat
kata, sudah dari zaman dinasti Ming, Indonesia dikenal sebagai bangsa yang males
dan gak ngehargain waktu. Janji jam 7, dateng jam 9. Disitu kadang ane ngerasa
sedih. Disiplin emang jadi perkara paling sulit buat ditegakin di negeri ini,
gak anak sekolah, gak pegawe kantoran pasti ada aja yang bangsawan (bangsa kawanan). Kalo udah telat,
seribu alibi bakal ngocor dari mulut buat cari pembenaran.
Sebenarnya
buat jadi orang disiplin kuncinya gampang banget, manajemen 30 menit. Artinya,
kita memulai segala sesuatu 30 menit lebih awal dari kebiasaan kita selama ini.
Misal biasanya berangkat ngantor jam 7, mulailah berangkat 6:30. Awalnya emang
kerasa berat banget tapi dengan 30 menit kita punya cukup waktu buat jaga-jaga
hal yang gak keduga. Mungkin sewaktu-waktu ban motor kempes, masih ada 30 menit
buat dorong dan cari tukang tambal. Bisa juga pagi-pagi kena macet, masih ada
30 menit buat nyari jalur alternatif. Dengan memulai sesuatu lebih awal
sebenernya banyak banget manfaatnya.
Gambar: Kita yang mengatur waktu bukan waktu yang mengatur kita |
- Lebih fokus
Orang-orang
yang memulai kegiatan 30 menit lebih awal bakal lebih fokus dengan apa yang
dikerjakan. Ada cukup waktu buat nyiapin hal-hal kecil yang biasanya kelewat. Pikiran
juga bakal lebih adem dan gak gampang emosian. Bandingin aja sama orang yang
biasa telat, beda deh raut mukanya.
- Hemat energy
Keuntungan
lainnya, orang yang mulai 30 menit lebih awal bakal lebih hemat energy. Orang yang
biasa ngaret mungkin pagi-pagi udah lari ke kamar mandi terus buru-buru ganti
baju. Lari lagi ke garasi manasin kendaraan, nyetir jadi gak tenang. Energy akhirnya
abis sebelum beraktifitas, produktifitas menurun gara-gara energy kebuang ke
hal yang gak perlu.
Kalo
pagi-pagi udah telat biasanya seharian bakal ngerasa bĂȘte banget, ngeliat orang
ketawa bawaannya pengen nonjok tuh muka.
- Lebih disayang atasan
Ini
bonusnya kalo kita jadi orang disiplin, atasan bakal lebih respect sama kita. Jangan
salah, kadang atasan sewaktu-waktu ngantor lebih pagi dari karyawan buat
ngelihat siapa aja karyawannya yang dateng lebih awal dan siapa yang ngaret. Bayangin
deh, atasan dateng sebelum jam kantor di mulai dan kita dateng lebih awal dari
si bos. Pasti kita bakal dapet respect
yang lebih. Selain itu, sambil nunggu jam kantor mulai kita juga punya
kesempatan ngombrol man to man,
sebagai sesama manusia bukan sebagai atasan dan bawahan. Dari obrolan semacam
itu biasanya bakal tercipta kedekatan, kalo udah kaya gitu siap-siap aja deh
buat di promosiin.
Kelihatannya
sepele yah tapi ternyata manajemen 30 menit itu gede banget manfaatnya ke diri
kita. Kalo semua orang bisa nerapin manajemen semacem ini, imej bangsa ini
pasti bakal naik drastis. Selamat mencoba ^^