Wednesday 29 April 2015

Jadi Muslim itu Gak Enak Banget

Ane lahir sebagai orang islam (muslim) dari bapak-ibu dan kakek buyut yang juga muslim. Sejak kecil ane sudah dikenalkan oleh lingkungan dengan hal-hal islami seperti baca doa setiap mau ngelakuin sesuatu, ngaji sepulang sekolah, di sekolah suruh ngafalin surat-surat pendek. Nah dari sekian taun ane belajar tentang islam, ternyata islam itu gak enak banget. Kenapa?
Gambar: Mesjid
  • Muslim gak boleh makan babi
Pantangan bagi muslim salah satunya gak boleh makan daging babi, padahal kata orang-orang daging babi itu adalah daging terenak di dunia. Tekstur, rasa, aromanya, gak ada yang bisa ngalahin enaknya daging babi. Rugi banget kan kalo muslim gak dibolehin makan daging babi?

Yups, logikanya mungkin begitu. Tapi ane akhirnya bersyukur banget islam udah ngelarang pemeluknya buat makan babi soalnya menurut penelitian, dalam daging babi banyak banget parasit seperti cacing pita, cacing hati dll. Secara babi kan emang hidupnya jorok banget, berendem di kubangan lumpur yang bercampur sama e’ek. Bahkan konon babi juga doyan makan e’eknya sendiri, iuuuhhh.
  • Muslim itu gak boleh mabuk
Dalam islam, khomr (segala sesuatu yang memabukkan) itu dilarang keras buat di konsumsi baik banyak maupun sedikit. Bahkan pemeras, yang diperaskan, yang menjual, yang menuangkan semuanya bakal kabagian dosanya. Apalagi yang minum. Kata orang yang penah ngonsumsi khomr, rasanya itu unik. Anget rada-rada pait tapi bikin sensasi melayang, plong.

Walopun katanya bisa bikin “fly” ternyata khomr jadi pemicu utama timbulnya tindakan criminal. Belum lagi kasus-kasus orang yang mati gara-gara oplosan. Duh, ngeri dah kalo bayangin kesitu, untung islam udah mewanti-wanti.
  • Sering di cap teroris
Sejak peristiwa WTC, umat islam itu kayak jadi kambing hitam setiap tindakan terorisme. Bahkan baru-baru ini, pemerintah ngeblokir situs-situs islami gara-gara khawatir timbul radikalisme. Tiap orang yang berusaha nunjukin keislamannya pasti dilihat rada sinis sama orang sekitarnya. Berjenggot, celana nggantung diatas mata kaki dibilang teroris, pake cadar dibilang kaya ninja. Giliran yang pake bikini dibilang seger, dunia…duniaa.

Sebenernya, islam itu jelas banget buat ngajarin cinta kasih antar sesama. Contoh simpelnya, islam ngajarin buat ngucap salam ketika kita ketemu orang lain. Salam itu kan bentuk doa kita agar orang yang kita temui selalu dalam lindungan Tuhan?
  • Berhijab dibilang gak gaul
Aturan islam yang ngewajibin wanita pake jilbab/hijab sebenernya demi kebaikan wanita itu sendiri kok. Sama aja kaya kue di pasar, lebih aman kalo pake bungkus kan? Dibanding yang kebuka gitu aja. Belum lagi risiko pelecehan seksual yang sering terjadi sama perempuan. Cuma anehnya, di negara yang mayoritas islam ini, perempuan berhijab masih sering banget dapet diskriminasi di dunia kerja.

Coba deh kalo pas ngelamar kerja di bank, pasti lebih gampang keterima kalo fotonya rada-rada hot (kaya kripik Ma Icih) dibandingin perempuan yang pake hijab (kecuali bank-bank syariah). Pokoknya buka kancing atas, rok di naikin diatas lutut, bibir dipoles merah, wajah di dempul bedak langsung lancar, masalah otak sama perilaku mah nomor sekian aja. Bahkan ane pernah nemu lowongan kerja yang jelas-jelas nyantumin syarat TIDAK BERJILBAB.
  • Kudu solat 5 waktu
Salah satu rukun islam yaitu solat, sehari kudu 5 kali. Berat? Emang sih berat, jujur walopun kelihatannya sepele, solat 5 waktu itu berat banget. Kadang lagi asik-asik ngegame eh adzan ashar, lagi seru-seru nonton “Preman Pensiun” kudu break solat maghrib, enak-enaknya tidur kudu bangun solat subuh.

Walopun berat kaya gimana namanya kewajiban kan kudu dilaksanain, apalagi ini panggilan Tuhan. Pak RT manggil aja dah buru-buru kita nyamperin, masa Tuhannya manggil kita cuek-cuek aja?

Lagi-lagi menurut penelitian yang pernah ane baca di internet, ternyata solat tepat waktu itu banyak banget manfaatnya khususnya buat kesehatan. Solat subuh misalnya, pas waktu subuh (sekitar jam 3-5) itu waktunya paru-paru ngeluarin racun dari dalem tubuh kita, bahasa kerennya detoksifikasi. Belum lagi efek kebiasaan disiplin yang kita dapetin kalo solat 5 waktu tepat pada waktunya.

Jadi muslim itu bener-bener gak enak yah? tapi banyak manfaatnya, kaya obat paitnya segimana pun tetep aja diminum. Dengan segala ke-gak-enakan ini, ane bersyukur udah terlahir sebagai muslim dan selalu berdoa semoga pas mati juga masih dalam keadaan membawa islam sebagai pegangan, pedoman dan tuntunan hidup ane. Amiiinnn….





No comments:

Post a Comment

No Spam, SARA.

Jumlah Pengunjung