Wednesday 29 April 2015

Manajemen 30 Menit

Ibarat kata, sudah dari zaman dinasti Ming, Indonesia dikenal sebagai bangsa yang males dan gak ngehargain waktu. Janji jam 7, dateng jam 9. Disitu kadang ane ngerasa sedih. Disiplin emang jadi perkara paling sulit buat ditegakin di negeri ini, gak anak sekolah, gak pegawe kantoran pasti ada aja yang bangsawan (bangsa kawanan). Kalo udah telat, seribu alibi bakal ngocor dari mulut buat cari pembenaran.

Sebenarnya buat jadi orang disiplin kuncinya gampang banget, manajemen 30 menit. Artinya, kita memulai segala sesuatu 30 menit lebih awal dari kebiasaan kita selama ini. Misal biasanya berangkat ngantor jam 7, mulailah berangkat 6:30. Awalnya emang kerasa berat banget tapi dengan 30 menit kita punya cukup waktu buat jaga-jaga hal yang gak keduga. Mungkin sewaktu-waktu ban motor kempes, masih ada 30 menit buat dorong dan cari tukang tambal. Bisa juga pagi-pagi kena macet, masih ada 30 menit buat nyari jalur alternatif. Dengan memulai sesuatu lebih awal sebenernya banyak banget manfaatnya.
Gambar: Kita yang mengatur waktu bukan waktu yang mengatur kita
  • Lebih fokus
Orang-orang yang memulai kegiatan 30 menit lebih awal bakal lebih fokus dengan apa yang dikerjakan. Ada cukup waktu buat nyiapin hal-hal kecil yang biasanya kelewat. Pikiran juga bakal lebih adem dan gak gampang emosian. Bandingin aja sama orang yang biasa telat, beda deh raut mukanya.
  • Hemat energy
Keuntungan lainnya, orang yang mulai 30 menit lebih awal bakal lebih hemat energy. Orang yang biasa ngaret mungkin pagi-pagi udah lari ke kamar mandi terus buru-buru ganti baju. Lari lagi ke garasi manasin kendaraan, nyetir jadi gak tenang. Energy akhirnya abis sebelum beraktifitas, produktifitas menurun gara-gara energy kebuang ke hal yang gak perlu.

Kalo pagi-pagi udah telat biasanya seharian bakal ngerasa bĂȘte banget, ngeliat orang ketawa bawaannya pengen nonjok tuh muka.
  • Lebih disayang atasan
Ini bonusnya kalo kita jadi orang disiplin, atasan bakal lebih respect  sama kita. Jangan salah, kadang atasan sewaktu-waktu ngantor lebih pagi dari karyawan buat ngelihat siapa aja karyawannya yang dateng lebih awal dan siapa yang ngaret. Bayangin deh, atasan dateng sebelum jam kantor di mulai dan kita dateng lebih awal dari si bos. Pasti kita bakal dapet respect yang lebih. Selain itu, sambil nunggu jam kantor mulai kita juga punya kesempatan ngombrol man to man, sebagai sesama manusia bukan sebagai atasan dan bawahan. Dari obrolan semacam itu biasanya bakal tercipta kedekatan, kalo udah kaya gitu siap-siap aja deh buat di promosiin.

Kelihatannya sepele yah tapi ternyata manajemen 30 menit itu gede banget manfaatnya ke diri kita. Kalo semua orang bisa nerapin manajemen semacem ini, imej bangsa ini pasti bakal naik drastis. Selamat mencoba ^^

No comments:

Post a Comment

No Spam, SARA.

Jumlah Pengunjung