Thursday 7 May 2015

Jangan Bunuh Sepak Bola Indonesia

Jujur ane sedih banget ngelihat wajah persepakbolaan di negeri ini, saat negara-negara lain mulai nunjukin taringnya, kita malah sibuk dengan konflik kepentingan. Liga Indonesia yang kini disponsorin sama Bank Qatar distop perkara masih ada 2 club yang belum beres administrasinya yaitu Arema sama Persebaya. Kemenpora melalui BOPI (Badan Olahraha Profesional Indonesia) gak ngijinin kedua club tersebut buat main meskipun PSSI selaku “yang punya hajat” memperbolehkan.

Tarik ulur antara PSSI dan Kemenpora makin memanas hingga akhirnya Kemenpora mutusin buat ngebekuin PSSI dan Liga Indonesia, sebuah malapetaka besar bagi pecinta si kulit bundar. Gara-gara liga di stop, FIFA bereaksi dengan ngasih ultimatum ke BOPI dan Kemenpora. Ngerasa dapet intimidasi dari FIFA, Kemenpora makin menjadi-jadi dan nuduh FIFA udah ngelecehin kedaulatan NKRI.
Gambar: Evan Dimas Darmono
Ibarat kata pepatah “Gajah bertarung sama gajah, pelanduk mati ditengah-tengah” para pecinta sepak bola tanah air cuma bisa geleng-geleng kepala ngelihat kelakuan para penguasa. Mereka yang berwenang mungkin pada lupa kalo ada nasib para pemain yang digantungkan di liga tersebut, ada ribuan pedagang merchandise yang siap-siap gulung tikar, ada para supporter yang sangat kangen bersorak pas clubnya nyetak gol.

Ane sependapat banget sama bung Djamal Aziz (Anggota exco PSSI) yang menganalogikan Arema sama Persebaya itu ibarat dua orang siswa yang gak kelar garap PR. Kemenpora diibaratkan kepala sekolah dan BOPI adalah guru kelas. Gara-gara 2 murid garap PR gak sampe kelar, si kepala sekolah malah meliburkan seisi sekolah. Sama bodohnya dengan tindakan Pak TS yang nutup situs sharing video Vimeo Cuma gara-gara ada konten porno yang nyerempet partainya.

Setiap orang di Indonesia pasti pengen sepak bola negeri ini maju, bisa melenggang ke piala dunia. Tapi jika dari waktu ke waktu terus kayak gini, sampe lebaran monyet kayaknya gak bakalan kesampean. Baru di 2013 kemarin PSSI nyaris kena sanksi FIFA gara-gara adanya dualisme kepengurusan, kini di 2015 malah Kemenpora bikin kisruh. Kalo emang niatnya ngebenahin sepak bola Indonesia biar lebih professional, kenapa harus sampe di bekukan? Kenapa gak dibenahi sambil jalan. Gak habis pikir sama orang-orang berlogika pendek macem gini. Semoga kisruh ini cepat berlalu dan liga Indonesia kembali bergulir biar Malang kembali biru, Surabaya kembali hijau.

No comments:

Post a Comment

No Spam, SARA.

Jumlah Pengunjung