Wednesday 8 April 2015

Yang Kudu Kalian Tau Tentang Brebes (Part 1)

sumber gambar:http://kaosilove.com/category/33-kaos-i-love-brebes.html
Setiap kali ketemu orang baru dan kenalan, begitu denger ane berasal dari Brebes pasti mereka bilang ‘owh, yang bahasanya ngapak-ngapak itu ya?’. Padahal, hampir separuh wilayah Brebes dihuni juga oleh orang Sunda, salah satunya adalah keluarga ane.
Yups…secara territorial dan administratif, Kabupaten Brebes emang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah, tepatnya ujung barat provinsi Jateng. Kalo boleh nebak, mungkin atas dasar itu orang-orang taunya Brebes ya berbahasa Jawa khususnya Jawa Ngapak.
FYI, beberapa kecamatan di Brebes justru di dominasi oleh suku sunda seperti Kec. Ketanggungan, Banjarharjo, Salem, Bantarkawung. Jadi jangan heran kalo ketemu orang Brebes tapi logatnya gak ada ngapak-ngapaknya sama sekali.
Dari tadi baca tulisan ini, mungkin ada yang masih bingung. Ngapak itu apa sih? Nah daripada di bilang Kepo sama temen, mending ane jelasin. Menurut yang ane tau dari Wikipedia, bahasa ngapak asalnya dari Kabupaten Banyumas makanya sering disebut juga dialek Banyumasan. Akhirnya tuh dialek nyebar ke beberapa kabupaten dan kota tetangga kaya Pemalang, Tegal, Slawi, termasuk Brebes.
Ciri paling nonjol dari jawa ngapak salah satunya penggunaan huruf ‘a’ dan ‘o’. Kalo jawa biasanya kita kenal dengan ciri kas berakhiran ‘o’, itu gak berlaku bagi jawa ngapak. Contoh: Sego (nasi) diucapkan Sega dalam bahasa ngapak. Selain perbedaan penggunaan ‘a’ dan ‘o’ dalam jawa ngapak pengucapannya juga biasanya ditekankan pada wilayah ujung atas tenggorokan. “Lah kiye kepriben? Nyong kayong mumet nemen” ahahaha…

Kalo masih bingung juga kayak gimana bahasa jawa ngapak, mending kalian cari di youtube cara bicaranya Cici Tegal atau Kartika Putri, nah kaya gitulah bahasa jawa ngapak. 

No comments:

Post a Comment

No Spam, SARA.

Jumlah Pengunjung