Tuesday 16 June 2015

Kenapa Orang Benci MLM?

Multi Level Marketing (MLM), Member Get Member (MGM) atau apapun namanya emang jadi bisnis yang laris manis di Indonesia. Iming-iming pengasilan gede bahkah konon bisa bikin anggotanya merdeka secara financial ibarat iklan sirup Mar*an menjelang adzan maghrib di bulan ramadhan, menggiurkan.  Dari tahun ke tahun makin banyak bisnis semacam ini, ada yang memang dikelola secara serius, ada juga MLM abal-abal yang berujung bisnis tipu-tipu.
Selain ngiming-ngiming income yang fantastis, member MLM kadang bikin jengkel pengguna sosmed. Kenapa? Yuk disimak.
1.       Promo Tanpa Izin
Pengguna sosmed yang aktif di komunitas/group pasti sering banget ngalamin kayak gini. Tiba-tiba ada yang nyelentang nawarin penghasilan seabrek tanpa penjelasan konkret, hanya meninggalkan no HP kemudian hilang. Sebelnya, orang-orang macem gini gak pernah baca rule grup, gak izin admin, dan tentu saja topiknya jauh banget dari tema grup.
Lebih keki lagi, nih orang postingnya gak cukup sekali. Dihapus, ada lagi…dihapus lagi, tambah banyak. Behhhhh..apa gak dongkol yang jadi admin.
Gambar: Kelakuan Para MLM-er di Group Sosmed
2.        Mendewakan Produknya
Sering dapet BC yang isinya obat semprot multiguna? Serius, ini gak logis banget. Satu obat bisa mengatasi E-Di, bikin Mr. P tambah Greng, ngilangin jerawat, ngencengin payudara, mengaluskan kulit, ngilangin perut buncit, nurunin diabetes bla..bla…bla. Udah deh, jangan percaya produk kayak ginian. Kalo 1 obat bisa ngatasi segitu banyak masalah, fakultas kedokteran bangkrut, ahli farmasi pulang kampung jadi petani.
3.       Gak Jujur
Ane pernah ngalamin suatu sore ada temen SMS “Bro, gw lagi merintis bisnis neh. Butuh bantuan lo, join yuk!”. Ane pikir keren banget neh sohib, masih kuliah udah bisa bikin bisnis sendiri, ane wajib bantu nih. Akhirnya hujan-ujan ane dateng ke kostnya, disitu udah temen ane sama cowok klimis yang bau parfumnya nyebar seantero Malang.
Degggg…feeling udah gak enak aja neh. Ane langsung disuruh masuk, tuh cowok klimis langsung ngeluarin setumpuk brosur dan ngumbar janji manis kayak pejabat mau pemilu. Makin lama makin gemes sama tuh orang, udah dibilang kalo ane gak tertarik masih aja dirayu-rayu buat join. Setelah 1 jam yang penuh penyiksaan, ane akhirnya berhasil lolos.
Kalo emang ngajak MLM kenapa gak terus terang dari awal SMS. Kenapa pas ane tanya bisnis apa? Jawabnya “Dateng aja ke kost, gak bakal nyesel kok”. Setelah insiden itu, ane jadi agak renggang sama sahib satu itu.
4.       Sok Kenal Sama Orang Sukses
Ini juga kisah nyata yang pernah ane alamin. Suatu pagi ada temen SMS nanya lagi dimana, tumben banget padahal sebelumnya gak pernah akrab sama sekali. Ane jawab lagi santé aja di kost, akhirnya tuh temen bilang mau maen sekalian ngopy aplikasi buat kuliah. Ya udah sih ane persilakan aja buat dateng.
Pas TS udah nyampe kost, niat bulusnya baru kelihatan. Bukannya minta aplikasi, ane malah di prospek habis-habisan. Dia bilang bisnis ini bisa ngejamin sukses, udah banyak buktinya. TS bahkan berani nyebut beberapa orang besar di negeri ini sudah pada join, termasuk ARB. Setau ane, ARB itu kaya raya bukan dari MLM tapi dari warisan orang tuanya tapi whatever lah.
Pesen ane buat para pelaku MLM/MGM atau apalah namanya, berbisnislah dengan bijak, beretika dan jujur. Kalo emang mau ngajak temen, jelasin di awal. Selain ngumbar janji manis, sebutin juga kelemahan atau kekurangan bisnis tersebut biar yang jadi member kalian gak join karena terpaksa. Apala artinya kesuksesan kalian kalo pada akhirnya dijauhi orang-orang terdekat.

No comments:

Post a Comment

No Spam, SARA.

Jumlah Pengunjung